budiluhur coding

coding is like seeing a sexy woman and coding even more exciting.

Start PHP

Leave a comment

apa sih PHP itu ?

Jika Anda belum pernah mendengar tentang PHP, bahkan setelah membaca pengantar membosankan Anda mungkin masih tidak tahu apa PHP. PHP adalah bahasa scripting yang awalnya dibuat untuk mengembangkan aplikasi web dinamis. Perbedaan antara PHP dan bahasa client-side seperti JavaScript yakni kode PHP dijalankan di server web, menghasilkan HTML yang kemudian dikirim ke klien. PHP dapat mengambil inputan, seperti tanggal dan lain sebagainya.

gambar server request

server request with php

Karena PHP dieksekusi pada server, kita butuh satu cara terbaik untuk mengembangkan aplikasi PHP yang bisa berjalan offline menggunakan paket server yang diinstal pada komputer. dalam tutorial ini, kita akan melakukannya dengan menginstal paket server di komputer kita yaitu XAMPP.

untuk menginstall xampp, bisa kalian lihat di situs resminya XAMPP TUTORIAL INSTALLATION (windows). khusus pengguna Linux, mungkin link ini dapat membantu anda dalam menginstall paket XAMPP di Linux, cekidot  XAMPP INSTALLATION ON LINUX. dan jangan lupa sedot file xampp installer nya di sini (Xampp Windows) dan untuk versi Linux nya di (Xampp Linux).

Memulai 

setelah proses installasi selesai, mari kita mulai. khusus pada windows, klik icon Xampp Control Panel, klik tombol start pada apache dan mysql. contoh gambar bisa di lihat di bawah :

xampp control panel

xampp control panel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

setelah Apache dan MySql Running, silahkan buka browser anda dan ketikan localhost, pilih bahasa inggris, lalu anda akan masuk ke dalam halaman utama.

bagi pengguna Linux untuk mengaktifkan Apache dan MySql silahkan buka terminal [ CTRL + ALT + T ] dan ketik :

$ opt/lampp/lampp start

silahkan buka browser anda dan ketikan localhost, pilih bahasa inggris, lalu anda akan masuk ke dalam halaman utama.

Testing Yuk

jika xampp telah siap, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah menguji script PHP nya. coba copy script PHP di bawah ini lalu paste ke teks editor yang anda gunakan.

<?php
echo "<h1>XAMPP BEKERJA</h1>";
?>

simpan dalam format [dot]php (.php) di folder htdocs. untuk Linux, biasanya folder htdocs berada di /opt/lampp/htdocs.simpan dengan nama testerphp.php. (sebagai catatan, adakalanya kita membuat folder workspace sendiri di dalam folder htdocs, lalu menyimpan testerphp.php nya di folder tersebut).

oke asumsikan anda sudah menyimpannya, buka lah browser anda lalu ketik di url :

localhost/namafolderworkspace/testerphp.php

lihat hasilnya …..

sebagai catatan akhir, khusus pengguna Linux, sering terjadi masalah-masalah pada Xampp mulai dari hak akses folder dan lain sebagainya. silahkan mencari solusi nya di mbah google🙂

semoga membantu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s